Tumbuhan Obat Kunci Pepet dan Khasiatnya untuk Pelangsing Tubuh

Tumbuhan Obat Kunci Pepet dan khasiatnya - Kunci Pepet atau biasa disebut dalam bahasa ilmiahnya Kaempferia angustifolia Rosc. ini dikenal diberbagai penjuru tanah air, seperti di jawa tengah, Kunci Pepet ini dikenal dengan nama kunci pepet, dan di jakarta juga Kunci Pepet, sedangkan di Sunda dikenal dengan nama Kunci kunit dan di madura Kunci Pepet dinamakan kance pet. Sedangkan dalam dunia mancanegara Kunci Pepet ini dikenal luas seperti di cina, tumbuhan Kunci Pepet ini dikenal dengan sebutan ciok yek san nai.
Tumbuhan Kunci Pepet

Kandungan Kimia dan Khasiatnya
Kunci Pepet ini memiliki rasa yang sepat serta agak sedikit pahit. Beberapa bahan yang mengandung kimia terdapat pada Kunci Pepet ini, antara lain alkaloids, saponin, flavonoid, polifenol, serta minyak asiri. Dan untuk khasiat sendiri, tumbuhan Kunci Pepet ini dapat mengobati penyakit diantaranya yakni astringent, antidisentri, serta karminatif atau peluruh kentut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Kunci Pepet ini yang dimanfaatkan sebagai pengobatan ialah rimpang dan bunganya dimana dapat mengobati penyakit dibawah ini.
1. Mulas
Iris rimpang Kunci Pepet 10 g yang segar, kemudian direbus dengan menggunakan 1 gelas air selama 15 menit lamanya. Setelah dingin, air rebusan disaring dan diminum sekaligus satu kali dalam sehari.
2. Pelangsing
iris 10 g rimpang Kunci Pepet yang segar, dan rebus dengan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Saring air rebusannya lalu dinginkan dan minum tiga kali dalam sehari dengan dosis yang sama.
3. Penggumpalan Darah, Mengencerkan Nanah pada Luka Organ Dalam
Potong dengan  tipis rimpang Kunci Pepet 20 g serta 30 g daun sambiloto, kemudian direbus dengan menggunakan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Saring air hasil rebusan kemudian diminum sekaligus satu kali sehari selagi hangat.
Demikianlah ulasan mengenai Tumbuhan Obat Kunci Pepet dan khasiatnya untuk pelangsing tubuh. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai tumbuhan obat, dapat kunjungi blog Tumbuhan Obat dan khasiatnya. Semoga bermanfaat.

Tumbuhan Obat Kunci Pepet dan Khasiatnya untuk Pelangsing Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment