Tumbuhan Obat Sukun dan Khasiatnya Dalam Menambah ASI

Tumbuhan Obat Sukun dan Khasiatnya - Sukun merupakan tumbuhan yang banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia tentunya. Dengan nama ilmiah dari sukun Artocarpus communis menjadikan sukun dikenal diberbagai daerah dengan nama panggilan yang berbeda, seperti yang ada di melayu menyebut sukun dengan nama amu, dan untuk jawa dan bali tetap menggunakan nama sukun sedangkan di Madura menamai sukun dengan nama sakon dan di Flores sendiri menamai sukun dengan sebutan karara bima.
Tumbuhan Obat Sukun

Kandungan Kimia dan Khasiatnya

Sukun diperkaya dengan mempunyai kandungan saponin dan polifenol dikulit batang dan juga didaun. Anggota dari keluarga famili Moraceae ini memiliki sifat antidemam untuk daun dan juga melancarkan ASI pada kulit buah.
Gambar Sukun

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Daun serta kulit dari sukun ini dimanfaatkan untuk menjadi obat tradisional dalam mengatasi berbagai masalah penyakit berikut.
1. Demam
Dengan mencuci bersih daun sampai bersih sebanyak 20 g yang masih segar, dan dirajang kecil - kecil. Lalu direbus dengan menggunakan 2 gelas air matang selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu didinginkan dan saring, dimana air rebusannya dibagi 2 pertama diminum dipagi hari, dan kedua diminum disore hari.
2. Menambah ASI
20 g dari daun sukun yang masih segar dicuci bersih, kemudian dirajang kecil - kecil. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air hingga matang selama 15 menit. Kemudian minum air rebusan yang telah disaring dan didinginkan dipagi dan sore hari.
Demikianlah informasi mengenai tumbuhan obat sukun dan khasiatnya dalam menambah ASI. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai hal tumbuhan obat dan khasiatnya, silahkan berkunjung ke blog tumbuhan obat, semoga bermanfaat.

Tumbuhan Obat Sukun dan Khasiatnya Dalam Menambah ASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edel weis

0 komentar:

Post a Comment