Tumbuhan Obat Ki Tolod dan Khasiatnya Untuk Mengobati Sakit Gigi

Tumbuhan Obat Ki Tolod - Ki Tolod, mempunyai nama ilmiah Isotoma longiflora Presl. Di daerah aunda dikenal dengan nama ki tolod, daun tolod, sedangkan di jawa dikenal dengan nama sangkobak, dan kendali. Tumbuhan obat Ki Tolod ini memiliki nama asingnya ster van bethlehem.
Bunga Ki Tolod

Kandungan Kimia dan Khasiatnya
Tumbuhan obat Ki Tolod ini sangat mengandung getah yang beracun dimana kandungan kimia yang terdapat pada Ki Tolod ini ialah senyawa alkoloid, diantaranya lobelin, lobelamin, dan isotomin. Dan khasiat yang terkandung didalam tumbuhan obat Ki Tolod untuk mengobati antiradang, antineoplastik, anti-inflamasi, analgesik serta hemostatik.
Tumbuhan Ki Tolod

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian dari tumbuhan obat Ki Tolod seperti daun, bunga dan lainnya dapat digunakan dalam pengobatan penyakit dibawah ini.
1. Asma, Bronkhitis, dan Radang Tenggorokan
Dengan mencuci bersih 3 lembar dari daun Ki Tolod, dan rebus di dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Dinginkan dan saring air rebusan, kemudian minum 2x sehari dipagi dan sore hari.
2. Luka
Daun Ki Tolod dicuci bersih dan tumbuk dengan halus. Tempelkan hasil dari tumbukan tersebut pada daerah yang luka, balut dengan menggunakan kain bersih. Balutan digantu 2-3 kali dalam sehari.
3. Obat Kanker
3 lembar daun Ki Tolod beserta batangnya direbus dengan menggunakan api kecil dan menggunakan 5 gelas air sampai tersisa hanya 1-2 gelas saja. Minum air rebusan beberapa kali sampai habis dalam sehari.
4. Obat Mata
Rebus dengan menggunakan api yang kecil 3 lembar daun Ki Tolod dan beserta batangnya dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 1 sampai 2 gelas. Minum air rebusan beberapa kali hingga habis dalam sehari.
5. Sakit Gigi
2 lembar daun Ki Tolod ditumbuk dengan halus dengan sebelumnya dicuci bersih. Letakkan hasil tumbukkan di gigi yang sakit / berlubang.
Demikianlah tumbuhan obat Ki Tolod dan khasiatnaya dalam mengobati berbagai macam penyakit. Untuk informasi mengenai tumbuhan obat dan khasiatnya yang lain kunjungi blog tumbuhan obat. Semoga bermanfaat.
Tumbuhan Obat Ki Tolod

Tumbuhan Obat Ki Tolod dan Khasiatnya Untuk Mengobati Sakit Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment