Tumbuhan Obat Pecut Kuda dan Khasiatnya Pengobatan Keputihan

Tumbuhan Obat Pecut Kuda dan Khasiatnya - Pecut Kuda atau yang biasanya oleh para ilmuwan memanggilnya Stachytarpheta jamaicencis (L.) Vahl. ini terkenal diberbagai daerah di nusantara dan juga dimancanegara. Di cina sendiri tumbuhan Pecut Kuda ini dikenal dengan namanya ialah yu long bian. 

Gambar Pecut Kuda
Kandungan Kimia dan Khasiatnya
Pecut Kuda memiliki rasa yang pahit serta bersifat dingin. Bahan kimia uang terkandung didalam tumbuhan Pecut Kuda ini antara lain alkaloida serta glikosida. sedangkan khasiat untuk kesehatan dari tumbuhan obat Pecut Kuda dapat menyembuhkan antiradang serta peluruh air seni.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian yang tumbuhan Pecut Kuda yang telah dipotong - potong serta dikeringkan bisa digunakan dalam hal pengobatan berikut ini.
1. batu Ginjal, Infeksi Saluran Kencing, dan Rematik
merebus 15-30 g Pecut Kuda yang telah kering atau bisa juga 30 - 60 g herba yang masih segar dicampur menggunakan 3 gelas air hingga tersisa  hanya 1 gelas saja. Dinginkan kemudian minum air rebusan 2x dalam sehari masing - masing setengah gelas.
2. Bisul, Radang Kulit Bernanah, dan Luka
Tumbuk sampai halus Pecut Kuda yang masih segar, kemudian tempelkan dibagian tubuh yang mengalami sakit.
3. Haid Tidak Teratur
Rebus 15 sampai 30 g herba Pecut Kuda yang kering atau bisa juga 30-60 g herba segar dengan menggunakan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air hasil rebusan sebanyak 2x dalam sehari masing - masing setengah gelas.
4. Hepatitis A
Rebus 5-10 batang dari tangkai bunga Pecut Kuda dan bunganya didalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gela saja, kemudian tambahkan gula batu secukupnya. Minum air rebusan setelah didinginkan terlebih dahulu sebanyak 2x dalam sehari masing - masing 1/2 gelas.
5. keputihan
Rebus akar dari Pecut Kuda ini dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing - masing 1/2 gelas.
6. Pembersih darah
Rebus 15-30 g tumbuhan Pecut Kuda kering ataupun 30-60 g herba yang masih segar. Setelah didinginkan, minum air rebusannya.
Demikianlah informasi mengenai Tumbuhan Obat Pecut Kuda dan Khasiatnya untuk pengobatan keputihan. Untuk mendapatkan informasi mengenai tumbuhan obat dan khasiat lainnya, silahkan kunjungi blog tumbuhan obat. Semoga bermanfaat.

Tumbuhan Obat Pecut Kuda dan Khasiatnya Pengobatan Keputihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment