Tumbuhan Obat Lampes dan Khasiatnya Pengobatan Rematik

Tumbuhan Obat Lampes - Lampes yang memiliki nama ilmiah Ocimum sanctum L. ini dikenal diberbagai daerah di Indonesia. Salah satunya ialah di jawa tengah yang dikenal dengan nama lampes sendiri, dan disunda juga dikenal dengan nama lampes namun di madura dikenal dengan sebutan kemanghi sedangkan dibali sendiri dikenal dengan nama uku - uku dan terakhir di ternate dikenal dengan nama lufe - lufe. 
Tumbuhan Lampes

Kandungan Kimia dan khasiatnya
Tumbuhan Lampes mempunyai rasa yang sedikit pahit serta bersifat dingin. Dimana kandungan kimia yang terdapat pada lampes yakni didaunnya mengandung minyak asiri, saponin, flavonoid, serta tanin. Di bijinya lempes mengandung saponin, flavonoid dan polifenol. Dari kandungan kimia tersebut, tumbuhan Lampes memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit diaforetikum.
Khasiat Tumbuhan Lampes

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Tumbuhan Lampes dapat digunakan dalam pengobatan penyakit dibawah ini.
1. Peluruh Air Susu Ibu (ASI)
dengan mencuci bersih 25 g daun Lampes yang masih segar, dan jadikan lalap setiap harinya.
2. Rematik
Cuci 25 g dari daun Lampes, dan Blender. Kemudian tambahkan cuka sedikit lalu saring air jusnya serta minum. Lakukan dengan cara 2x sehari dalam dosis yang sama.
3. Sariawan
Daun Lampes dilumat, kemudian tempelkan atau juga peras airnya terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada bagian yang sakit digigi.
4. Tegang Saraf
Cuci 25 g daun Lampes, kemudian blender. Tambahkan cuka sedikit, kemudian saring air dari jus dan minum. Kemudian pengobatan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.
Demikianlah ulasan mengenai tumbuhan obat Lampes dan khasiatnya, untuk mengetahui mengenai tumbuhan obat lainnya, kunjungi blog tumbuhan obat. Semoga bermanfaat.
Manfaat Tumbuhan Lampes

Tumbuhan Obat Lampes dan Khasiatnya Pengobatan Rematik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: